Kajian Keterampilan Berpikir Kreatif Matematika Melalui Kegiatan Lesson Study
Abstract
Penelitian ini mengkaji kelemahan-kelemahan siswa terkait dengan keterampilan berpikir kreatif dalam matematika. Tujuannya adalah untuk mengetahui kelemahan-kelemahan apa saja yang dominan dimiliki siswa dalam menerapkan keterampilan berpikir kreatif pada materi bilangan pecahan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan dalam bentuk kajian deskriptif menggunakan lesson study yang dilaksanakan di kelas VII-3 SMPN 9 Kendari berjumlah 36 orang, pada semester genap Tahun Ajaran 2014/2015. Pengumpulan data menggunakan tes keterampilan berpikir kreatif matematika. Data penelitian dianalisis menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif, yaitu mendeksripiskan kelemahan-kelemahan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal-soal bilangan pecahan ditinjau dari ciri-ciri keterampilan berpikir kreatif yang terdiri dari kelancaran, keluwesan, keaslian, elaborasi, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memiliki kelemahan keterampilan berpikir kreatif dalam hal keaslian, elaborasi dan keluwesan, sedangkan dua ciri yang lainnya, yaitu kelancaran dan evaluasi sebagian besar siswa sudah dapat melakukannya dengan baik. Pada setiap tahapan lesson study guru model mendapatkan masukan mengenai karakteristik penilaian yang mengukur keterampilan berpikir kreatif siswa terkait dengan materi bilangan pecahan. Katakunci: keterampilan berpikir kreatif, lesson study.bilangan pecahan