Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematik dan Self Efficacy Siswa SMA melalui Penerapan Pendekatan Problem Posing
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan kemampuan penalaran matematik dan self efficacy siswa melalui pendekatan problem posing. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuasi dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 1 Soropia tahun pelajaran 2015/2016 yang mempelajari materi trigonometri. Berdasarkan hasilĀ analisis data penelitian diketahui bahwa: 1) Rata-rata kemampuan penalaran matematik siswa setelah mendapatkan pembelajaran dengan pendekatan problem posing berada pada kategori tinggi, sedangkan self efficacy siswa terhadap matematika berada pada kategori sedang. 2) Terdapat peningkatan kemampuan penalaran matematik dan self efficacy siswa setelah diajar dengan pendekatan problem posing dan pendekatan konvensional. 3) Peningkatan kemampuan penalaran matematik siswa yang diajar dengan pendekatan problem posing lebih tinggi daripada peningkatan kemampuan penalaran matematik siswa yang diajar dengan pendekatan konvensional. 4) Peningkatan self efficacy matematik siswa yang diajar dengan pendekatan problem posing lebih tinggi daripada peningkatan self efficacy matematik siswa yang diajar dengan pendekatan konvensional. 5) Respon siswa terhadap pembelajaran problem posing adalah positif. Siswa senang dan aktif mengikuti pembelajaran problem posing