Deskripsi Pengetahuan Dasar Matematika Siswa Kelas IX SMP Negeri Se-Kota Kendari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyajikan masalah pengetahuan dasar matematika siswa sekolah se kota Kendari. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri di Kota Kendari. Sampel diambil dengan teknik Proportional Stratified Random  Sampling sebanyak 1.321 siswa,  321 siswa untuk sekolah level tinggi, 654 siswa untuk sekolah level sedang dan 346 siswa untuk sekolah level rendah. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes pengetahuan dasar matematika (TPDM) dan wawancara terhadap siswa dan guru. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa (1) Rata-rata TPDM siswa kelas IX SMP Negeri se Kota Kendari berada pada kategori rendah (< 60) dengan rata-rata sebesar 55,73. (2) Kemampuan berhitung matematika siswa masih rendah dalam penjumlahan, pengurangan, perkalian pecahan campuran dan operasi bilangan bulat positif dan negatif. Kemampuan matematika terapan masih rendah dalam  menyelesaikan soal operasi yang disajikan dalam bentuk soal cerita,  mencari volume bangun ruang dan luas bangun datar gabungan, serta persoalan skala. Kata Kunci:Pengetahuan Dasar Matematika, TPDM.