Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematik Siswa SMP dengan Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemapuan koneksi matematik siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis masalah dan siswa yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional. Penelitian eksperimen ini menggunakan desain Randomized Control Group Pretest-Posttest.Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposivedan tehnik penentuan kelas secara random. Dari hasil analisis diperoleh kesimpulan: (1) Terdapat perbedaan kemampuan koneksi matematik yang signifikan antara siswa setelah diajar menggunakan pembelajaran konvensional; (2) Peningkatan kemampuan koneksi matematik siswa yang diajar menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis masalah lebih baik secara signifikan dari peningkatan kemampuan koneksi matematik siswa yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional.Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Masalah, Kemampuan Koneksi Matematik