Model Diagnostik Kesulitan Belajar Siswa Berbasis Ujian Nasional
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan model diagnostik kesulitan belajar siswa berbasis ujian nasional. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Sampel uji coba produk terbatas terdiri dari 3 SMP Negeri dengan melibatkan 12 orang guru untuk pelaksanaan tindakan perbaikan di kelas. Berdasarkan hasil analisis data pada uji coba terbatas, disimpulkan bahwa: (1) model diagnostik kesulitan belajar siswa berbasis ujian nasional dinyatakan layak untuk diterapkan berdasarkan penilaian para ahli dan praktisi, (2) kompetensi dan indikator yang belum dikuasai oleh siswa pada ujian nasional bulan April 2013 tersebar merata pada semua mata pelajaran yang diujikan, dan (3) hasil analisis soal, menunjukkan bahwa soal-soal yang sukar paling banyak ditemukan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dan IPA, diikutiĀ Bahasa Inggris dan Matematika.Kata kunci: model, diagnostik, tes.