Pengaruh Model Reciprocal Teaching Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran recipcoral teaching terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi bangun ruang sisi lengkung siswa SMP kelas IX. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan desain penelitian pra-eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 11 Kota Cilegon tahun ajaran 2019/2020. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive random sampling. Berdasarkan teknik pengambilan sampel maka terpilihlah kelas XI B dengan 26 siswa. Instrumen dalam penelitian ini pretest, posttest dan wawancara. Tes dan wawancara dibuat sesuai dengan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Data dianalisis berdasarkan instrumen yang diterapkan pretest dan posttest, data dianalisis dengan paired T-tests. Analisis deskriptif dilakukan pada data yang telah dikumpulkan. Hasil tes sebagian besar siswa di kelas mendapat nilai lebih baik saat posttest dibandingkan saat pretest. Nilai rata-rata posttest sebesar 94,00, hal tersebut menunjukkan bahwa mengalami peningkatan yang signifikan dari nilai rata-rata pretest ke posttest yang menunjukkan pula peningkatan setelah pembelajaran dengan model recipcoral teaching. Hasil uji-t didapatkan bahwa nilai sig. < α = 0,05 sehingga diperoleh hasil bahwa terdapat perbedaan tingkat kemampuan siswa sebelum dan setelah dilakukan pembelajaran reciprocal teaching pada materi bangun ruang sisi lengkung.