Pengaruh Model Pembelajaran Giving Question and Getting Answer Terhadap Kecerdasan Logis Matematis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kecerdasan logis matematis siswa yang dibelajarkan dengan Model pembelajaran Giving Question and Getting  Answer lebih baik atau tidak dari kecerdasan logis matematis siswa yang mendapat  pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan rancangan posttest only control group design. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah  cluster sampling yang dipilih secara random kelas yang digunakan sebagai kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Data dalam penelitian ini adalah data kecerdasan logis matematis siswa yang dikumpulkan dengan tes kecerdasan logis matematis siswa. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif  berdasarkan uji-t satu ekor pada taraf signifikansi 5% untuk hipotesis 1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan logis matematis siswa yang diberi pembelajaran Model pembelajaran Giving Question and Getting  Answer lebih baik daripada kecerdasan logis matematis siswa yang mendapat pembelajaran konvensional. Dapat disimpulkan bahwa dalam penelitian ini terdapat pengaruh positif pembelajaran dengan model pembelajaran Giving Question and Getting  Answer terhadap kecerdasan logis matematis siswa.