Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Aljabar Berdasarkan Taksonomi SOLO

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal operasi aljabar berdasarkan taksonomi SOLO. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini siswa dikelompokkan berdasarkan level taksonomi SOLO, yaitu prastruktural, unistruktural, multistruktural, relasional dan extended-abstract, lalu setiap siswa dianalisis kesalahannya. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Dharma Bhakti 3 Jambi. Instrumen penelitian ini berupa soal operasi aljabar dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa pada setiap level melakukan kesalahan yang berbeda-beda diantaranya: siswa level prastruktural melakukan kesalahan yaitu: menggunakan proses pemecahan yang tidak benar, tidak mengerjakan soal yang diberikan, tidak memahami apa yang ada pada soal, tidak dapat menghubungkan konsep-konsep, siswa level unistruktural melakukan kesalahan yaitu: belum bisa menghubungkan apa yang telah diketahui, menghubungkan satu konsep namun tidak bisa menyelesaikannya, siswa pada level multistruktural melakukan kesalahan: tidak bisa melanjutkan jawaban yang telah dimulai , menghubungkan beberapa konsep namun tidak bisa menyelesaikannya, dan siswa pada level relasional melakukan kesalahan yaitu: salah dalam proses penghitungan yang dilakukan