Pengaruh Motivasi Berprestasi Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMA Negeri dan SMA Swasta Di Kota Kendari

Abstract

Penelitian dengan judul pengaruh motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar matematika siswa bertujuan untuk menganalisis : (i) deskripsi prestasi belajar matematika dan motivasi berprestasi melalui nilai rata-rata dan standar deviasi, (ii) pengaruh  motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar matematika siswa secara simultan dan parsial pada 3 SMA Negeri dan 3 SMA Swasta tahun ajaran 2014/2015, dalam Sampel yg berjumlah 120 responden. Hasil analisis  sebagai berikut (1) rata-rata motivasi berprestasi pada SMA Swasta lebih tinggi daripada SMA Negeri sementara prestasi belajar matematika SMA Negeri lebih tinggi daripada SMA Swasta dengan standar  deviasi masing-masing 12,39; 5,47; 10,88 dan 5,63, (2) presentase frekuensi motivasi berprestasi berdasarkan jawaban sangat setuju pada pernyataan positif didominasi oleh indikator berusaha unggul dan rasional dalam meraih keberhasilan sedangkan pada pernyataan negatif jawaban sangat tidak setuju didominasi oleh indikator menyukai tantangan (3) motivasi berprestasi secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar matematika (4) motivasi berprestasi secara parsial mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap prestasi belajar matematika siswa dengan kontribusi sebesar 0,249 satuan. Artinya setiap perubahan satu-satuan motivasi berprestasi akan meningkatkan prestasi belajar matematika  sebesar 0,249 satuan dalam populasi dengan sumbangan sebesar 34,9 % dan 65,1 % ditentukan oleh faktor lain dalam populasi.  Kata Kunci: Pengaruh Motivasi Berprestasi, Prestasi Belajar Matematika Siswa.