Pengembangan Perangkat Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Settingmind Mapping Materi Persamaan Dan Fungsi Kuadrat Pada Siswa Kelas X Man 1 Kendari

Abstract

Penelitian ini bertujuanuntuk mengembangkan perangkatpembelajaran problem based learning (PBL) setting mind mapping pada materi persamaan dan fungsi kuadrat kelas X di MAN 1 Kendari. Perangkat pembelajaran yang dikembangan yakni rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), bahan ajar (BA), lembar kerja siswa (LKS) dan tes hasil belajar (THB). Hasil penelitian menunjukkan perangkat pembelajaran matematika model PBL setting mind mapping materi persamaan dan fungsi kuadrat memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Validasi oleh pakar menyatakan perangkat yang dikembangkan baik dan layak digunakan. Kepraktisan mengacu pada data hasil pengamatan terhadap keterlaksanaan perangkat pembelajaran, keaktifan siswa selama proses pembelajaran serta angket respon siswa dengan skor rata-rata 3,09. Keefektifan mengacu pada ketuntasan hasil belajar siswa setelah menggunakan perangkat yakni sebesar 88,1% siswa hasil belajarnya dinyatakan tuntas karena memenuhi standar KKM yang ditetapkan yakni 2,8.Kata kunci : pengembangan perangkat pembelajaran, problem based learning, mind mapping