Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Pendekatan Open Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan open ended terhadap kemampuan berpikir kreatif matematik ditinjau dari kemandirian belajar siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuasi dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Lawa tahun pelajaran 2015/2016 yang mempelajari materi fungsi komposisi dan fungsi invers. Berdasarkan hasil analisis data penelitian diketahui bahwa: (1) Tidak terdapat perbedaan pengaruh penerapan pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan open ended dan pembelajaran berbasis masalah tanpa pendekatan open ended terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematik baik secara keseluruhan siswa maupun ditinjau dari kemandirian belajarsedang dan rendah. (2) Terdapat perbedaan pengaruh penerapan pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan open ended dan pembelajaran berbasis masalah tanpa pendekatan open ended terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematik siswa yang mempunyai kemandirian belajartinggi. (3) Respon atau tanggapan siswa terhadap pembelajaran yang menggunakan pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan open endeddan pembelajaran berbasis masalah tanpa pendekatan open ended adalah positif. Siswa senang dan sangat aktif mengikuti proses pembelajaran yang menggunakan pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan open endeddan pembelajaran berbasis masalah tanpa pendekatan open ended.