Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif dan Kemampuan Bahasa Indonesia terhadap Hasil Belajar Matematika Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan analisis varian dengan desain  2x2 faktorial ‍dengan tujuan: (1) deskripsi hasil belajar matematika setelah diberikan perlakuan model pembelajaran kooperatif dan penguasaan bahasa Indonesia (2) pengaruh faktor interaksi model pembelajaran kooperatif dan penguasaan Bahasa Indonesia terhadap hasil belajar matematika (3) perbedaan hasil belajar matematika menurut model pembelajaran kooperatif dengan syarat penguasaan bahasa Indonesia. (4) perbedaan hasil belajar matematika menurut penguasaan bahasa Indonesia dengan syarat model pembelajaran kooperatif . Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa rerata hasil belajar matematika mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan bahasa Indonesia dengan kontribusi sebesar 0.334 satuan dan sumbangan R square (R2) = 33.4%. Hasil analisis inferensial berdasarkan statistik Uji-F menunjukkan bahwa keempat model faktor interaksi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar matematika.Kata kunci: Pembelajaran TSTS,  Student Team Achivement Divisions (STAD), Kemampuan Bahasa Indonesia, Hasil belajar matematika.