Perbedaan Hasil Belajar Matematika SMA Ditinjau Dari Model Pembelajaran Kooperatif dan Kemampuan Bahasa Inggeris
Abstract
Penelitian eksperimen ini menggunakan 3x2 faktorial bertujuan mempelajari perbedaan hasil belajar matematika ditinjau dari model pembelajaran kooperatif (Jigsaw, TSTS, dan STAD) dan kemampuan Bahasa Inggris pada SMA Negeri 7 Kendari dengan jumlah sampel 90 siswa. Hasil analisis dengan menggunakan analisis Statistik Uji-F dan Uji-t pada taraf signifikansi α=0,05 menunjukkan bahwa : (1) karakter dapat dipercaya, bertanggung jawab secara sosial, adil dan peduli melalui penerapan RPP berkarakter, (2) hasil belajar matematika untuk kombinasi model pembelajaran kooperatif (Ai) dan Bahasa Inggris berbeda dalam mendukung hipotesis yang diajukan dengan rata-rata nilai tertinggi yaitu 80,80, (3) rerata hasil belajar matematika untuk semua sel yang dibentuk oleh model pembelajaran kooperatif dan kemampuan Bahasa Inggris secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan.Kata Kunci: Pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, TSTS, STAD, Kemampuan Bahasa Inggris, Hasil Belajar Matematika.