Pengaruh Learning Cycle 7E disertai Mind Mapping Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika ditinjau dari Adversity Quotient

Abstract

Salah satu dari tujuan pembelajaran matematika dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah perlu dikembangkan dengan menggunakan model pembelajaran dan karakter siswa dalam mengatasi kesulian belajar yang tepat. Hal ini diharapkan proses pembelajaran learning cycle 7E disertai mind mapping terhadap kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari adversity quotient mampu mengatasi kesulitan belajar dalam perkembangan karakter siswa yang memiliki tipe quitter, camper dan climber. Metode penelitian yang digunakan adalah mixed methods dengan desain concurrent embeded design. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan sampel non randomized control group. Data instrument yang diperoleh adalah pretest-postest design dan kuesioner adversity quotient. Subjek penelitian dari sampel siswa kelas XI IPS SMA N 1 Tanjab Barat. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran learning cycle 7E disertai mind mapping berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah dari semua kategori adversity quotient sehingga mampu mengatasi kesulitan belajar dalam perkermbangan karakter siswa yang memiliki tipe quitter, camper, dan climber.