Deskripsi Perilaku Siswa Dalam Pembelajaran Matematika SMP Melalui RPP Berkarakter
Abstract
Rencana persiapan pembelajaran (RPP) berkarakter dalam penilaian afektif pada pembelajaran matematika yakni melalui lembar penilaian diri (LP-03) dan keterampilan sosial (LP-04) pada siswa SMP Negeri di Kota Kendari, bertujuan untuk mempelajari kecenderungan perilaku siswa dalam pembelajaran. Hasil analisis dengan 303 responden terhadap 5(lima) SMPN menunjukkan bahwa dari tujuh indikator antara lain : (1) dapat dipercaya dijawab Ya 263(84,55%) dan 40(15,45%) dijawab Tidak, (2) menghargai orang lain dijawab Ya 254(83,83%) dan 49(16,17%) menyatakan Tidak, (3) tanggung jawab secara individu dijawab Ya 252(80,86%) dan 51(19,14%) dijawab Tidak, dan (4) tanggung jawab secara sosial dijawab Ya 213(70,29%) dan 90(29,61%) dijawab Tidak. Kata kunci : Jujur, adil, peduli, berprestasi, komitmen, taat pada aturan