Kemampuan Representasi Matematis Mahasiswa Melalui Model Kooperatif Tipe CIRC

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang kemampuan representasi matematis mahasiswa yang diajarkan uji t-sampel independen dan skor gain normalisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kemampuan representasi matematis mahasiswa pada kelas yang diajarkan menggunakan model kooperatif tipe CIRC menggunakan model kooperatif tipe CIRC. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif model  quasi experimental dengan rancangan nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Soe, dengan sampel mahasiswa semester ganjil pada tahun akademik 2019/2020 yang sedang mengambil matakuliah Kalkulus II. Kelas penelitian dengan randomisasi kedua kelompok ditentukan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen  penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan representasi  matematis yang disusun dalam bentuk uraian. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan lebih baik dari kelas yang diajarkan tanpa menggunakan model kooperatif tipe CIRC. Peningkatan kemampuan representasi matematis mahasiswa pada kelas yang diajarkan menggunakan model kooperatif tipe CIRC lebih besar  dari kelas yang diajarkan tanpa model pembelajaran tersebut.