Perbedaan Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Model Pembelajaran Kooperatif dan Penguasaan IPA
Abstract
penelitian eksperimen ini menggunakan desain 3x2 faktorial bertujuan untuk mempelajari perbedaan rerata hasil belajar matematika ditinjau dari faktor (Bj|Ai), dan faktor (Ai|Bj) dan perbedaan dalam perbedaan tipe-1 dan tipe-2. Berdasarkan analisis statistik Uji-F dan uji-t sebahagian besar dengan nilai-p<α=0,05, empat hipotesis pembelajaran menerima H0, yaitu C(5)≤C(6), C(1)=C(5), C(3)=C(5) yang berarti bahwa perbedaannya tidak signifikan, sedangkan empat hipotesis lainnya menolak H0, yaitu C(1) ≤C(2), C(3) ≤C(4), C(2)=C(6), C(4)=C(6). Analisis perbedaan dalam perbedaan berdasarkan statistik uji-t nilai-p<α=0,05, tipe-1 menolak H0 dan tipe-2 menerima H0. Kata kunci: Pembelajaran Jigsaw, Student Team Achivement Division, Team Assisted Individualization, Penguasaan IPA