Perbedaan Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Model Pembelajaran Kooperatif STAD dan Kemampuan Bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian eksperimen ini menggunakan desain 2x3 faktorial bertujuan mempelajari: (i) perbedaan hasil belajar matematika ditinjau dari kemampuan bahasa Indonesia dengan syarat Ai, (ii) perbedaan hasil belajar matematika ditinjau dari model pembelajaran kooperatif STAD dan konvensional dengan syarat Bj, (iii) perbedaan dalam perbedaan hasil belajar matematika ditinjau dari kemampuan bahasa Indonesia dengan syarat Ai, (iv) perbedaan dalam perbedaan hasil belajar matematika ditinjau dari model pembelajaran kooperatif STAD dengan syarat Bj.  Hasil analisis dengan memakai statistik Uji-F dan Uji-t perbedaan hasil belajar matematika menurut faktor Bj|Ai menolak Ho, sementara perbedaan dan perbedeaan dalam perbedaan hasil belajar matematika menurut faktor Ai|Bj menerima Ho. Kata kunci:  Perbedaan hasil belajar matematika, pembelajaran kooperatif STAD,  kemampuan bahasa Indonesia.