Kesenjangan Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Model Pembelajaran Kooperatif dan Status Pekerjaan Orang Tua
Abstract
Penelitian eksperimen ini menggunakan desain 3x2 faktorial dengan tujuan: (i) mempelajari perbedaan hasil belajar mtematika ditinjau dari status pekerjaan orang tua siswa dengan syarat model pembelajaran kooperatif TPS,TSTS dan konvensional, (ii) perbedaan hasil belajar matematika ditinjau dari model pembelajaran kooperatif Ai dengan syarat Bj (PNS, bukan PNS), (iii) perbedaan dalam perbedaan (kesenjangan) tipe-1 dan tipe-2. Hasil analisis varian pihak kanan menunjukkan bahwa: (a) perbedaan rerata hasil belajar matematika ditinjau dari Bj dengan syarat Ai dan perbedaan hasil belajar matematika ditinjau dari Ai dengan syarat Bj sebahagian besar hipotesis menolak H0 dan (b) kesenjangan tipe-1 dan tipe-2 menolak H0.Kata kunci: Pembelajaran TPS, TSTS dan Status Pekerjaan Orang Tua Siswa