Pengaruh Variasi Model Pembelajaran Kooperatif dan Gaya Berpikir Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika SMAN 2 Kendari
Abstract
Penelitian eksperimen ini menggunakan desain 2x2 faktorial bertujuan mempelajari pengaruh interaksi variasi model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw-TSTS, STAD, dan gaya berpikir siswa sebagai level yaitu gaya berpikir divergen dan konvergen terhadap hasil belajar matematika pada SMA Negeri 2 Kendari dengan jumlah sampel 60 siswa. Hasil analisis menunjukkan faktor interaksi variasi model pembelajaran kooperatif dan gaya berpikir siswa melalui desain A*B, desain A A*B, desain B A*B, dan desain A B A*B (A= variasi model pembelajaran kooperatif dan B= gaya berpikir siswa) melalui uji-F, semuanya menerima Ho yang berarti bahwa keempat model yang diterapkan mempunyai pengaruh yang tidak signifikan. Oleh karena rerata hasil belajar pada semua sel yang dibentuk oleh faktor A dan B mempunyai perbedaan yang relatif kecil.Kata kunci: Variasi model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw-TSTS dan STAD, Gaya Berpikir, Hasil Belajar Matematika.