Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 10

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan posttest only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Kendari yang terdiri dari 7 kelas paralel berjumlah 210 siswa. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Data diperoleh menggunakan instrumen berupa tes kemampuan pemahaman matematis siswa. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian secara deskriptif dan secara inferensial menunjukkan bahwa: (1) Rata-rata kemampuan pemahaman matematis siswa yang diajar dengan pendekatan saintifik dengan cara berkelompok pada materi relasi dan fungsi adalah 76.38, (2) Rata-rata kemampuan pemahaman matematis siswa yang diajar dengan pendekatan saintifik dengan cara tidak berkelompok pada materi relasi dan fungsi adalah 69.00, dan (3) Peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang diajar dengan pendekatan saintifik dengan cara berkelompok lebih tinggi secara signifikan daripada peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang diajar dengan pendekatan saintifik tidak berkelompok.