Pengaruh Motovasi Berprestasi dan Pengetahuan Dasar Terhadap Hasil Belajar Matematika SMA
Abstract
Penelitian deskriptif ini menggunakan dua variabel bebas yaitu: (i) variabel motivai berprestasi dan (ii) pengetahuan dasar matematika dan satu variabel terikat hasil belajar matematika. Analisis setiap variabel didahului dengan diagram pencar untuk mengetahui liner tidaknya masing-masing variabel bebas terhadap variabel terikat. Hasil diagram pencar setiap variabel bebas terhadap variabel terikat memberikan dua model terpakai, masing-masing berbentuk kuadratik terhadap hasil belajar matematika. Hasil analisis menyimpulkan bahwa secara empiris data mendukung hipotesis yang diajukan, yaitu motivasi berprestasi dan pengetahuan dasar matematika secara simultan maupun secara parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar matematika. Kata kunci: Motivasi berprestasi dan Pengetahuan dasar matematika, Hasil belajar siswa.