PengaruhKombinasi Model Pembelajaran Kooperatif dan Perilaku BerkarakterTerhadap Hasil Belajar Matematika

Abstract

Penelitian eksperimen ini menggunakan desain 3x2 faktorial bertujuan untuk mempelajari PengaruhKombinasi Model Pembelajaran Kooperatif Jiksaw-STAD, TSTS-STAD,  STAD dan Perilaku Berkarakter (Kelompok Atas, Kelompok Bawah) Terhadap Hasil Belajar Matematikadi SMA Negeri 8 Kendari dengan jumlah sampel 90 siswa. (1) Hasil Analisis diperoleh berdasarkan statistik uji-F pada taraf signifikasi ­=0.05 menunjukkan  rerata hasil belajar matematika untuk semua sel yang dibentuk oleh kombinasi model pembelajaran kooperatif dan perilaku berkaraktermempunyai pengaruh yang signifikan.(2) Berdasar statistik uji-t diperoleh lima hipotesis besyarat, salah satunya yaitu kombinasi model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw-STAD lebih tinggi dari model pembelajaran kooperatif tipe STAD khususuntuk siswa dengan perilaku berkarakter kelompok atas mempunyai perbedaan pengaruh yang signifikan.Kata kunci:Kombinasi model pembelajaran kooperatif, perilaku berkarakter, dan hasil belajar matematika.