Pengembangan Perangkat Pembelajaran Geometri Smp Dengan Pendekatan Rme Berbasis Karakter Teliti Dan Konsisten

Abstract

Pendekatan RME mampu mengkonstruk pengetahuan siswa dengan melibatkan mereka secara langsung dalam menyelesaikan permasalahan sehari-hari, sehingga secara langsung akan berkembang karakter teliti dan konsisten dalam diri siswa. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan suatu perangkat pembelajaran geometri yang dapat digunakan sebagai acuan untuk mengembangkan karakter teliti dan konsisten pada siswa SMP. Adapun perangkat pembelajaran yang dihasilkan adalah RPP, Buku Guru, Buku Siswa, LKS, serta instrumen penilaian karakter teliti dan konsisten. Secara operasional, proses pengembangan mengacu pada modifikasi model pengembangan Thiagaradjan, dengan memperhatikan aspek kualitas produk, yaitu aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Ketika ujicoba berlangsung dilakukan pengamatan terhadap karakter konsisten dan teliti dalam diri siswa. Hasil dari penelitian ini adalah karakter teliti dan konsisten berkembang secara maksimal, sehingga perangkat pembelajaran geometri yang diperoleh dalam penelitian ini adalah valid, praktis dan efektif untuk mengembangkan karakter teliti dan konsisten siswa.Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran Geometri, Pendekatan RME, Teliti dan Konsisten