Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIIA SMP Negeri 37 Konawe Selatan Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIIA SMPN 37 Konawe Selatan melalui model pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Setiap siklus mengikuti tahapan: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan dari segi keterlaksanan pembelajaran dan dari segi pemahaman konsep matematika siswa, yaitu: (1) keterlaksanaan skenario pembelajaran yang dilakukan oleh guru pada siklus I sebesar 83,33% mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 92,50% (2) aktivitas belajar siswa juga mengalami peningkatan yaitu pada siklus I sebesar 80,95% mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 90% (3) persentase pemahaman konsep matematika siswa meningkat pada siklus I sebesarĀ 19,05% mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 95,83%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa melalui model Pembelajaran Berbasis Masalah, pemahaman konsep matematika siswa kelas VIIA SMP Negeri 37 Konawe Selatan dapat ditingkatkan