Pengaruh Pendekatan Open ended Dan Pendekatan Problem posing Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa SMP Ditinjau Dari Gaya Kognitif

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan tujuan untuk mengkaji dan menganalisis : (1) Perbedaan pengaruh pendekatan  open ended  dan pendekatan  problem posing terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif  matematik  siswa dengan gaya kognitif reflektif; dan (2) Perbedaan pengaruh pendekatan open ended pendekatan  problem posing terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif  matematik  siswa dengan gaya kognitif impulsif. Poopulasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 1 Konawe Selatan sebanyak 10 kelas. Pengambilan sampel kelas dilakukan dengan menggunakan dua teknik, yaitu purposive sampling. Sampel penelitian sebanyak 47 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan cara memberi tes kemampuan berpikir kreatif matematika siswa sebelum dan setelah diberikan perlakuan, serta diberi gaya kognitif. Hasil penelitian ini adalah: (1) Tidak terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan pendekatan  open ended  dan pendekatan  problem posing terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif  matematik  siswa dengan gaya kognitif reflektif; dan (2)Tidak  terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan pendekatan open ended pendekatan  problem posing terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif  matematik  siswa dengan gaya kognitif impulsif