Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Kontekstual Terhadap Kemampuan Koneksi Matematik Ditinjau Dari Disposisi Matematik Siswa SMA

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian RAK dengan tujuan untuk menganalisis: (1) Deskripsi kemampuan koneksi matematik (KON) ditinjau dari disposisi matematik (DM) siswa kelas X SMA Negeri 1 Wakorumba Utara; (2) Perbedaan rata-rata peningkatan kemampuan koneksi matematik antara siswa yang diajar dengan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw kontekstual dan pembelajaran langsung kontekstual; (3) Perbedaan rata-rata peningkatan kemampuan koneksi matematik siswa yang diajar dengan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw kontekstual dan pembelajaran langsung kontekstual ditinjau dari disposisi matematik siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMA Negeri 1 Wakorumba Utara tahun ajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa 97 orang. Hasil penelitian secara deskriptif dan inferensial menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan KON siswa kelas X SMA Negeri 1 Wakorumba Utara meningkat setelah diberikan atau menggunakan masalah kontekstual, (2) Melalui independent sample t-test secara signifikan rata-rata peningkatan kemampuan koneksi matematik siswa yang diajar dengan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw kontekstual lebih besar di banding dengan pembelajaran langsung kontekstual; (3) Melalui anava RAK disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan rata-rata peningkatan KON siswa antara yang diajar dengan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw kontekstual dan yang diajar dengan pembelajaran langsung kontekstual ditinjau dari DM siswa.