Keefektifan Pendekatan Konstruktivis Pada Pembelajaran Statistika Sosial

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kefektifan pendekatan konstruktivis dalam meningkatkan kreativitas, partisipatif, dan hasil belajar mahasiwa pada pembelajaran statistika.  Penelitian ini menggunakan desain kuasi eksperimen yang melibatkan 2 (dua) kelas perlakuan, yakni kelas yang diajar dengan pendekatan konstruktivis dan kelas yang diajar dengan pendekatan konvensional. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahuan akademik 2012/2013 pada mahasiswa semester I program Pascasarjana Universitas Haluoleo yang memprogramkan mata kuliah statistika sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan pendekatan konstruktivis dapat meningkatkan kreativitas, partisipatif, dan hasil belajar mahasiswa dibandingkan dengan pendekatan konvensional sehingga disimpulkan pendekatan konstrukivis lebih efektif dalam pembelajaran statika sosial.     Kata kunci: pembelajaran, konstruktivis, konvensional, keefektifan, hasil belajar.