Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Kesehatan Mandonga
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, (2) mendeskripsikan hasil belajar matematika siswa kelas yang diajar dengan model pembelajaranĀ konvensional, dan (3) untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran tipe STAD terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Kesehatan Mandonga. Sampel diambil secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pemberian instrumen penelitian berupa lembar observasi danĀ tes berbentuk uraian. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Penelitian ini menghasilkan: (1) Rata-rata persentase ketelaksanaan pembelajaran oleh guru sebesar 81% dan aktivitas belajar siswa mencapai 83,33%, (2) rata-rata proses pelaksanaan pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional dengan rata-rata persentase oleh guru sebesar 79% dan aktifitas belajar siswa mencapai 77%; (3) rata-rata hasil belajar matematika siswa yang pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD adalah 66.90; (4) rata-rata hasil belajar matematika siswa yang pembelajaran menggunakan model pembelajaran konvensional adalah 55,26; dan (5) Terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadapa hasil belajar matematika siswa