Analisis Penyebab Miskonsepsi Siswa pada Pelajaran Fisika di Kelas XII SMA/MA Kota Duri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penyebab miskonsepsi siswa pada pelajaran fisika. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif metode survei. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah soal tes miskonsepsi dan angket minat belajar siswa. Dari hasil analisis deskriptif diperoleh bahwa pada umumnya siswa mengalami miskonsepsi. Hal ini disebabkan oleh pemikiran asosiatif rata-rata berkontribusi sebesar 80%, pemikiran  humanistik 83%, alasan yang tidak lengkap 12%, intuisi yang salah 86%, tahap perkembangan kognitif 85% dan kemampuan siswa 70% sedangkan minat belajar siswa tidak memberikan kontribusi atau memicu terhadap terjadinya miskonsepsi siswa Kata kunci : Penyebab Miskonsepsi, Tes miskonsepsi, Angket minat belajar