Pengaruh Motivasi Berprestasi Melalui Kombinasi Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Hasil Belajar Matematika

Abstract

Penelitian  eksperimen ini menggunakan desain 2x2 faktorial dengan sampel berjumlah 40 orang siswa kelas VII SMP Negeri 13 Kendari dengan tujuan untuk mempelajari: (1) pengaruh motivasi berprestasi terhadap hasil belajar matematika, (2)  pengaruh kombinasi model pembelajaran kooperatif (TSTS-TPS) dan motivasi berprestasi sebagai level yang terdiri dari kelompok atas dan kelompok bawah. (1) hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa secara empiris nilai rerata hasil belajar matematika pada masing-masing sel relatif tidak mendukung hipotesis yang diajukan, (2) hasil analaisis inferensial  menunjukkan bahwa motivasi berprestasi mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap hasil belajar matematika dengan kontribusi sebesar 0,493 satuan artinya setiap perubahan 1 satuan motivasi berprestasi akan meningkatkan hasil belajar matematika sebesar 0,493 satuan dengan sumbangan sebesar 22,3% dan 77,7% ditentukan oleh faktor lain dalam populasi, (3) hasil analisis inferensial melalui ANOVA 2 faktor Non Hirarki dan Hirarki berdasarkan statistik uji F pada taraf signifikansi 0,05 semua hipotesis menerima H0 artinya rerata hasil belajar matematika pada masing-masing sel mempunyai perbedaan yang relatif kecil. Kata kunci: Kombinasi model pembelajaran kooperatif, Motivasi berprestasi, Hasil belajar matematika siswa