Analisis Kesalahan Siswa Kelas IX MTs Negeri 2 Kendari Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Lingkaran

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji jenis-jenis kesalahan yang dilakukan siswa pada materi lingkaran, dan faktor-faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan pada materi lingkaran. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan di MTs Negeri 2 Kendari semester ganjil tahun ajaran 2018/2019. Data penelitian ini diperoleh dari hasil tes dan hasil wawancara. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa pada materi lingkaran ditinjau dari objek matematika yaitu kesalahan konsep, prinsip, dan algoritma. Faktor-faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan konsep, prinsip, dan algoritma pada materi lingkaran untuk kesalahan konsep (a) siswa tidak memahami konsep hubungan sudut pusat dan panjang busur dan (b) siswa kesulitan dalam mengidentifikasi konsep yang akan digunakan dalam menyelesaikan soal. Untuk kesalahan prinsip siswa tidak memahami konsep teorema Pythagoras dan konsep luas persegi panjang. Untuk kesalahan algoritma (a) siswa terburu-buru dalam mengerjakan soal sehingga kurang memperhatikan informasi dalam soal dan (b) siswa tidak memeriksa kembali jawabannya.