Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Berbasis Potensi Pesisir terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP

Abstract

Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk memecahkan masalah matematika pada siswa SMP di dearah posisir Sulawesi Tenggara. Untuk memecahkan masalah tersebut dilakukan penelitian menerapkan pembelajaran kontekstual berbasis potensi pesisir  atau Coastal Potency-Based Contextual Teaching and Learning (CCTL). SMP pesisir yang diteliti dipilih secara acak dari dua level sekolah pesisir, yaitu sedang dan rendah. Pada setiap level sekolah dipilih secara acak dua kelas, satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Siswa kelas eksperimen mendapat CCTL dan siswa kelas kontrol mendapat pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian ini adalah pretes dan postes kemampuan pemecahan masalah matematik, lembar observasi, dan pedoman wawancara. Data dianalisis secara deskriptif dan inferensial dengan menggunakan uji t, ANAVA satu jalur, dan ANAVA dua jalur. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penerapan CCTL berpengaruh positif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa SMP pesisir dan hal ini lebih baik jika dibandingkan dengan pembelajaran konvensional baik ditinjau dari peringkat sekolah maupun pengetahuan awal matematika siswa.