Pengaruh Kecemasan Matematika dan Gender Terhadap Kemampuan Penalaran Adaptif Matematika Siswa SMP Negeri 2 Kendari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kecemasan matematika dan gender terhadap kemampuan penalaran adaptif matematika siswa yang dilakukan di SMP Negeri 2 Kendari. Metode yang digunakan adalah kausal komparatif dengan rancangan two factorial. Pengambilan sampel dilakukan dengan Purposive Sampling untuk menentukan kelas yang digunakan kemudian dilanjutkan dengan Stratified Random Sampling untuk menentukan jumlah sampel siswa laki-laki dan perempuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) adanya perbedaan pengaruh kemampuan penalaran adaptif matematika antara siswa laki-laki dengan siswa perempuan, dimana rata-rata nilai siswa perempuan lebih tinggi dari siswa laki-laki., 2) adanya  pengaruh kecemasan matematika terhadap kemampuan penalaran adaptif matematika, dimana jika skor kecemasan matematika mengalami kenaikan maka kemampuan penalaran adaptif matematika akan ikut meningkat, dalam hal ini semakin tinggi skor kecemasan matematika maka semakin rendah tingkat kecemasannya dan sebaliknya., 3) Adanya pengaruh kecemasan matematika dan gender secara simultan terhadap kemampuan penalaran adaptif matematika, dimana secara parsial hanya faktor kecemasan matematika yang memberikan pengaruh terhadap kemampuan penalaran adaptif matematika.