Penerapan Alat Peraga Kupat Isabel pada Sistem Persamaan Linear Satu Variabel
Abstract
Alat peraga digunakan untuk memudahkan memahami konsep matematika dari abstrak menjadi konkrit. Penelitian ini bertujuan agar dapat mengetahui persentase prestasi belajar siswa kelas VII-H SMPN 1 Karang Tanjung mengenai sistem persamaan linear satu variabel berbantuan alat peraga Kupat Isabel. Subyek dalam penelitian yaitu 20 siswa dan siswi kelas VII-H SMP Negeri 1 Karang Tanjung tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu kuantitatif deksriptif. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu melalui tes berupa essay dan wawancara. Analisis yang digunakan dalam hasil tes yaitu menggunakan rumus persentase. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa penerapan alat peraga Kupat Isabel terhadap kasus kesetaraan pada materi persamaan linear satu variabel adalah baik. Hasil penelitian menunjukan bahwa 80% dari 20 siswa dan siswi kelas VII-H SMPN 1 Karang Tanjung memperoleh nilai evaluasi pembelajaran diatas KKM, yakni ≥ 60. Hal tersebut menunjukan bahwa alat peraga Kupat Isabel efektif jika diterapkan pada siswa dan siswi sekolah menengah pertama (SMP) kelas VII