Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa dengan Menggunakan Geogebra
Abstract
Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa banyak mahasiswa yang tidak dapat menyelesaikan soal integral terkait dengan menghitung luas daerah dan volume benda putar. Terdapat berbagai strategi pemecahan masalah yang dapat membantu mahasiswa. Teknik visualisasi dalam pembelajaran telah digunakan untuk membantu mahasiswa meningkatkan pemahaman konseptual mereka tentang pemecahan masalah matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki kemampuan pemecahan masalah matematika setelah menggunakan Geogebra. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif dari penelitian kuantitatif. Terdapat 30 mahasiswa kelas kalkulus. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari pertanyaan pre-test dan post-test dan wawancara semi-terstruktur. Data dianalisis menggunakan perangkat lunak SPSS 26.0. Hasil tes menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan dalam kemampuan pemecahan matematika mahasiswa. Analisis hasil wawancara menunjukkan bahwa tingkat pemahaman dan motivasi mempengaruhi kemampuan pemecahan mahasiswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah mahasiswa pada topik penggunaan integral lebih baik setelah menggunakan bantuan Geogebra. Hasil penelitian ini dapat memberikan media pembelajaran yang efektif dalam kelas kalkulus