Hasil Belajar Keterampilan Kognitif Fisika Melalui Penerapan Model Kooperatif Dengan Metode Gueded Note Taking
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar keterampilan kognitif siswa dengan model kooperatif melalui penerapan metode Guided Note Taking pada pembelajaran fisika. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Kampar tahun pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 43 orang. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif yang meliputi dayaserap, efektifitas pembelajaran, ketuntasan belajar siswa dan ketuntasan tujuan pembelajaran. Hasil analisis data menunjukkan: daya serap rata-rata siswa adalah 79,22% dengan kategori rendah, ketuntasan belajar siswa secara klasikal adalah 74,41% dengan kategori tidak tuntas, ketuntasan tujuan pembelajaran secara klasikal adalah 66,67% dengan kategori tidak tuntas, dan efektifitaspembelajaran 79,22% dengan kategori cukup efektif. Kata kunci: Hasil Belajar Kognitf, Metode, Guided Note Taking (GNT)