Perbedaan Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Kombinasi Model Pembelajaran Kooperatif dan Motivasi Berprestasi

Abstract

Penelitian eksperimen ini menggunakan desain 2x3 faktorial dengan tujuan: (i) mempelajari pengaruh sikap terhadap hasil belajar matematika, (ii) mempelajari perbedaan rerata hasil belajar matematika untuk semua sel yang dibentuk oleh faktor model pembelajaran kooperatif (Ai) dan motivasi berprestasi (Bj), (iii) mempelajari perbedaan rerata hasil belajar matematika siswa antara tingkat faktor motivasi berprestasi (Bj) untuk setiap tingkat faktor model pembelajaran kooperatif (Ai), (iv) mempelajari perbedaan  rerata hasil belajar matematika antara tingkat faktor model pembelajaran kooperatif (Ai) untuk setiap tingkat faktor motivasi berprestasi (Bj) dan (v) mempelajari perbedaan rerata hasil belajar matematika antara semua tingkat faktor model pembelajaran kooperatif (Ai) dan motivasi berprestasi (Bj). Hasil analisis: motivasi berprestasi mempunyai  pengaruh positif yang signifikan terhadap hasil belajar matematika, kombinasi model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw-TTW tidak lebih efektif dari model pembelajaran kooperatif tipe TTW dan motivasi berprestasi tinggi tidak lebih baik dari motivasi berprestasi rendah dan motivasi berprestasi sedang tidak lebih baik dari motivasi berprestasi rendah.Kata Kunci: Motivasi Berprestasi, Model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan TTW, Hasil Belajar Matematika