Pengaruh Faktor Interaksi Dalam Pembelajaran Kooperatif dan Penguasaan Bahasa Inggeris terhadap Hasil Belajar Matematika
Abstract
Penelitian eksperimen ini menggunakan desain 3x2 faktorial bertujuan mempelajari perbedaan pengaruh faktor interaksi model pembelajaran kooperatif Think-Pair-Share (TPS), Student Team Achivement Divisions (STAD), Pembelajaran Konvensional, dan Penguasaan Bahasa Inggeris sebagai level yaitu siswa dengan nilai atau skor bahasa Inggeris ≥ 65 (B=1) dan siswa dengan skor <65 (B=2) terhadap hasil belajar matematika. Hasil analisis berdasarkan Statistik Uji-F melalui analisis varian dua jalur dalam menguji hipotesis faktor interaksi secara simultan antara variabel bebas (A, B, dan A*B) mempunyai perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar matematika.Kata kunci: Pembelajaran Think-Pair-Share), Student Team Achivement Divisions, Penguasaan Bahasa Inggeris