Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMPN Melalui Pendekatan Pengajuan Masalah
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa kelas IX-2 SMPN 15 Kendari melalui pendekatan pengajuan masalah. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 (dua) siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 (dua) kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui pendekatan pengajuan masalah, kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IX-2 SMPN 15 Kendari dapat ditingkatkan, yaitu dari hasil tes awal ke hasil tes siklus I tentang aspek kefasihan, dari 10 % menjadi 40 %; aspek fleksibilitas, 6,7 % menjadi 10 orang atau 33,3 % dan aspek kebaruan, dari 0 % menjadi 10 %. Peningkatan dari hasil tes siklus I ke hasil tes siklus II tentang aspek kefasihan dari 40 % menjadi 80 %; aspek fleksibilitas dari 33,3 % menjadi 73,3 % dan aspek kebaruan dari 10 % menjadi 23,3 %.Kata Kunci: Pendekatan pengajuan masalah, kemampuan berpikir kreatif