Model Diagnostik Kesulitan Belajar Siswa Berbasis Ujian Nasional: Implementasi pada Mata Pelajaran Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model diagnostik kesulitan belajar siswa berbasis ujian nasional. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Sampel uji coba produk diperluas terdiri dari enam SMP Negeri dengan melibatkan 6 orang guru Matematika. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa: (1) model diagnostik kesulitan belajar siswa berbasis ujian nasional dinyatakan layak untuk diterapkan, (2) kompetensi dan indikator yang belum dikuasai oleh siswa pada ujian nasional bulan Mei 2014 pada mata pelajaran Matematika terdapat dua kompetensi dan empat indikator, dan (3) hasil pelaksanaan tindakan perbaikan diperoleh penguasaan siswa yang dicapai pada mata pelajaran Matematika mayoritas pada Level 3. Di masa yang akan datang model diagnostik kesulitan belajar siswa ini dapat diterapkan pada bentuk format tes yang lainnya.Kata kunci: model diagnostik; ujian nasional; kesulitan belajar