Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dan Assesmen Kinerja terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Program Linear

Abstract

Penelitian ini menggunakan desain faktorial 2x2 yang bertujuan untuk mempelajari pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted  Individualization (TAI)  dan assesmen kinerja terhadap hasil belajar mahasiswa yang mengontrak mata kuliah Program Linear. Hasil penelitian menggambarkan bahwa: (i) secara empiris data penelitian mendukung hipotesis penelitian yang diajukan; (ii) berdasarkan statistik uji  F, model pembelajaran kooperatif tipe TAI dan penerapan assesmen kinerja memberi pengaruh yang signifikan terhadap rata-rata hasil belajar mahasiswa yang mengontrak mata kuliah Program Linear; (iii) berdasarkan statistik uji t, untuk mahasiswa yang memperoleh treatment pembelajaran model kooperatif tipe TAI dan berbasis masalah, hasil belajarnya berbeda secara signifikan dengan mahasiswa yang memperoleh treatment pembelajaran secara klasikal.Kata Kunci: Model pembelajaran kooperatif tipe TAI, assesmen kinerja berbasis masalah.