Pengaruh Kombinasi Model Pembelajaran Kooperatif Dan Perilaku Berkarakter Terhadap Hasil Belajar Matematika Dengan Memperhitungkan Kovariat Motivasi Berprestasi Siswa

Abstract

Penelitian ini mencakup tentang :deskripsi hasil belajar matematika siswa, pengaruh kovariat motivasi berprestasi dan model rerata-sel multivariat dengan sebuah kovariat. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengandesain3 x 3faktorial,menggunakan Ancova menggunakan Fix Models dansampel sebanyak 54 siswa. Tempat penelitian SMPN 8 Konsel.Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes dan pemberian angket.Hasil penelitian menunjukkan rerata hasil belajar masing-masing sel yang dibentuk oleh kombinasi model pembelajaran dan perilaku berkarakter mempunyai perbedaan dalam  mendukung hipotesis yang diajukan, kovariat motivasi berprestasi mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap hasil belajar matematika, rerata simpangan hasil belajar matematika antara siswa yang mempunyai perilaku berkarakter tinggi lebih baik dibandingkan dengan siswa yang mempunyai perilaku berkarakter rendah  khusus pada siswa yang diajar dengan kombinasi model pembelajaran kooperatif  tipe Jigsaw-STAD dan kombinasi model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw-STAD lebih baikdibanding model pembelajaran kooperatif tipe STAD  khusus siswa yang memiliki perilaku berkarakter rendah.