Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berdasarkan TPACK untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis
Abstract
Sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) merupakan salah satu materi yang harus dipelajari dan dimengerti sehingga ketika kita bertemu permasalahan yang berhubungan dengan kehidupan sehari hari kita dengan mudah menyelesaikannya. Oleh sebab itu dengan mengintegrasikan technology, pedagogy, and content knowledge (TPACK) merupakan salah satu pembelajaran inovatif untuk meningkatkan kemampuan peserta didik. Materi yang abstrak bisa menjadi konkrit dengan adanya integrasi TPACK dengan menggunakan alat peraga dan video, dan juga dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (PBL) bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada siswa. Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran berupa lembar kerja siswa dalam bentuk slide dan rencana pelaksanaan pembelajaran, analisis keterkaitan antar komponen unsur dari TPACK dengan menerapkan kerangka kerja tersebut. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan. Subjek penelitian sebanyak 24 orang siswa kelas VIII SMPN 17 Tanjung Jabung Timur. Adapun instrumen yang digunakan adalah kuisioner responden siswa, responden guru, lembar observasi kegiatan pembelajaran, kuisioner keterampilan berpikir kritis, dan instrumen integrasi TPACK untuk guru. Berdasarkan pengukuran angket TPACK diperoleh hasil bahwa PK memiliki hubungann yang signifikan dengan PCK sebesar 35% dan terhadap TPACK sebesar 38 %, besarnya pengaruh PK dan CK berpengaruh secara simultan yang langsung mempengaruhi TPACK sebesar 83,4%