Pengembangan Instrumen Penilaian Kompetensi Pedagogik Guru Mata Pelajaran Fisika pada SMA/MA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengembangan instrumen penilaian kompetensi pedagogik Guru mata pelajaran Fisika SMA/MA. Hasil analisis uji coba ke-2 secara empiris diperoleh: (i) 42 butir instrumen memiliki KMO 0,680 yang menunjukkan nilai memenuhi persyaratan, (ii) indikator yang dikembangkan sesuai konstruk, setiap indikator yang memiliki muatan faktor besar dari 0,30 dan (iii) setelah melakukan rotasi terhadap analisis data “varimax rotation” menunjukkan 14 faktor yang memiliki eigen value sama atau lebih dari 1,0. (4) Butir-butir yang dikembangkan dapat mengukur konstruk kompetensi pedagogik guru mata pelajaran sebesar 71,746 %. Reliabilitas instrumen diperoleh 0,814, disimpulkan bahwa instrumen yang dikembangkan memenuhi persyaratan validitas dan reliabilitas. Kata Kunci: Pengembangan, Instrumen, Penilaian, Kompetensi Pedagogik