Persepsi Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika pada Pembelajaran E-Learning terhadap Prestasi Belajar
Abstract
Peran teknologi sangat penting dalam mendukung aktifitas masyarakat menjadi lebih efektif dan efisien salah satunya dalam pembelajaran. Pembelajaran elektronik (e-learning) adalah proses pembelajaran yang memanfaatkan paket informasi elektronik untuk kepentingan pembelajaran dan pendidikan, yang dapat diakses oleh peserta didik, kapan saja dan dimana saja berbasis TIK. Dengan adanya kemajuan dalam pembelajaran diharapkan dapat membantu sistem pendidikan dapat meningkatkan cara berpikir peserta didik menjadi kritis dan analitis. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui gambaran persepsi kemampuan memahami konsep matematika pada pembelajaran e-learning terkait stimulus belajar, tanggapan dan evaluasi serta prestasi belajar matematika; (2) mengetahui bagaimana keterkaitan antara kemampuan memahami konsep matematika dengan prestasi belajar. Penelitian merupakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif dan asosiasi. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa semester 1 prodi akutansi dengan jumlah 219 mahasiswa dan sampel yang terpakai adalah 182 mahasiswa. Hasil penelitian: (1) gambaran persepsi kemampuan memahami konsep matematika pada pembelajaran e-learning dan prestasi belajar dalam stimulus belajar, tanggapan dan evalusi masing masing sebesar 33%, 32% dan 35%, keterlibatan mahasiswa dalam mengikuti pembelajaran e-learning 77,4% dengan nilai rata-rata 83,48; (2) keterkaitan kemampuan memahami konsep matematika dengan prestasi belajar memiliki pengaruh yang sangat signifikan dengan nilai sig 0,000<0,05 dan nilai koefisien korelasi sebesar 0,998 dan koefisien determinasinya sebesar 99,6%.