Perbedaan Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TSTS dan Tipe STAD

Abstract

Penelitian eksperimen ini menggunakan anava satu jalan bertujuan untuk mempelajari: (i) perbedaan hasil belajar matematika untuk siswa yang diajar model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) sebagai kelas perlakuan dan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) sebagai kelas kontrol.   .Hasil analisis menunjukkan bahwa: secara empiris rerata hasil belajar matematika baik dalam grup maupun tanpa memandang grup relatif mempunyai perbedaan.  Analisis dengan memakai anava satu jalan pada  tidak mempunyai perbedaan yang signifikan. Pemakaian RPP berkarakter siswa telah menunjukkan karakter dapat dipercaya, menghargai orang lain, bertanggung jawab secara individu, bertanggung jawab secara sosial, adil dan peduli.Kata kunci:  Pembelajaran TSTS, STAD, Hasil Belajar Matematika dan RPP Berkarakter.