Perbedaan Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Model Pembelajaran Kooperatif dan Kemampuan Bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini menggunakan desain 2 x 3 faktorial bertujuan untuk mempelajari perbedaan hasil belajar matematika ditinjau dari faktor , dan perbedaan faktor , dan perbedaan dalam perbedaan ditinjau dari model pembelajaran kooperatif tipe TSTS dengan pembelajaran konvensional  dan kemampuan bahasa Indonesia dengan hipotesis statistik: {[C(1)-C(3)=C(4)-C(6)], dan [C(1)-C(3)=C(4)-C(6)]}. Berdasarkan analisis statistik uji-t dengan nilai-p     <α.05, dua hipotesis pembelajaran menolak H0, yaitu C(1)=C(3) dan C(4)=C(6), sedangkan lima hipotesis lainnya menerima H0, yaitu C(2)=C(3), C(5)=C(6), C(1)=C(4), C(2)=C(5), dan C(3)=C(6). Analisis perbedaan dalam perbedaan berdasarkan statistik uji-t dengan nilai-p  keduanya menerima H0.           Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika, Perbedaan, TSTS, Bahasa Indonesia