DAMPAK SERTIFIKASI GURU TERHADAP KUALITAS PENDIDIKAN PADA MADRASAH ALIYAH DI KOTA KENDARI

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dampak sertifikasi guru terhadap kualitas pendidikan padamadrasah aliyah yang ada di Kota Kendari. Dengan tersertifikasinya guru diharapkan kompetensiyang dimiliki juga dapat meningkat dalam memenuhi tugasnya memberikan kualitas pengajaranyang baik. Peningkatan kompetensi guru baik kompetensi pedagogik, kompetensi professional,kompetensi kepribadian maupun kompetensi sosial diharapkan juga berdampak pada peningkatankualitas madrasah aliyah. Penilaian dampak sertifikasi guru terhadap peningkatan kualitas madrasahdilihat dari aspek perencanaan program madrasah, pelaksanaan rencana kerja madrasah, peningkatanproses pembelajaran, peningkatan kompetensi sesama guru, dan pemanfaatan tunjangan sertifikasi.Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif yang bersifat survey yaitu mengumpulkan data denganmenggunakan angket yang berisikan kuisioner sebagai instrumen utama. Data ini kemudian dianalisissecara deskriptif yang telah dikategorikan dalam skala linkert untuk mengetahui sejauhmana keterlibatanguru yang telah tersertifikasi pada proses peningkatan kualitas madrasah aliyah.