INOVASI PEMBELAJARAN AGAMA KRISTEN DI SMA OIKUMENE KENDARI

Abstract

Pendidikan agama di SMA Oikumene Kendari merupakan bidang studi wajib di lembaga pendidikandengan tujuan membantu peserta didik memperoleh kehidupan yang bermakna. Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui gambaran deskriptif mengenai inovasi pendidikan Agama di SMA Oikumene Kendar.Masalah yang diangkat adalah a) Bagaimana Pelaksanaan Inovasi pembelajaran Agama b) Bagaimanamodel Inovasi yang dilakukan c) Apa yang menjadi faktor pendukung dan penghambat pelaksanaanpendidikan Agama Kristen di SMA Oikumene Kendari. Penelitian ini menggunakan metode Kualitatifmelalui observasi, wawancara dengan kepala sekolah dan guru di Sma Oikumne Kendari. Hasil daripenelitian ini adalah: 1) Pelaksanaan Inovasi pendidikan Inovasi Pembelajaran Agama di SMAOikumene Kendari dengan mengembangkan sistem pendidikan pembelajaran agama yang Prularisdengan pembelajaran dengan berfokus kepada sikap toleransi dan menghargai perbedaan agama,model inovasi pembelajaran pendidikan agama dilaksanakan secara bersamaan pada ruangan yangterpisah. 2) metode yang digunakan adalah Contextual Teaching and Learning. 3) Faktor pendukungmengedepankan nilai-nilai prularistik, baik dilingkungan sekolah dan masyarakat, kemudian menepisanggapan yang ‘keliru’ mengenai SMA Oikumene. Dan terbukti, saat ini semakin banyak siswa daribeberapa latar belakang agama bersekolah di SMA Oikumene adanya dukungan dan kepedulian yangsemakin tinggi dari masyarakat terhadap pendidikan, memiliki lokasi yang luas dengan fasilitas yangcukup lengkap serta ditunjang oleh tenaga pendidik yang kompeten. 4) Kekurangan tenaga pendidikterutama guru agama Islam dan perlunya peningkatan kompetensi prifesional bagi tenaga pendidik.